Inilah Tips Agar Anak Hafal Al Quran Sejak Usia Dini

Inilah Tips Agar Anak Hafal Al Quran Sejak Usia Dini
Banyak yang membagikan tips-tips mudah cara menghafal Al Quran namun hal pertama yang harus dilakukan adalah belajar membaca Al Quran dengan baik dan benar agar dalam menghafal tetap dengan bacaan yang benar dan tepat. Dibawah ini adalah salah satu tips agar anak hafal Al Quran seperti yang disampaikan oleh Syekh Dr. Kamil Al Labudi. Tips ini berdasarkan pengalaman beliau dalam mendidik anak-anaknya pada usia 4 tahun lebih. Dengan tips ini, anak-anak beliau bisa hafal Al Quran pada usia dini.

Berikut Tips Agar Anak Hafal Al Quran Sejak Usia Dini:

  1. Pada saat anak lahir atau pada usia 1 hari, perdengarkan anak Al Quran menggunakan audio baik melalui ponsel atau lainnya. Minimal 1 juz sehari dan diulang sebanyak 5x. Ulangi cara ini selama 1 bulan. Jika dihitung: Dalam 1 bulan anak sudah mendengarkan Al Quran sebanyak 150x dalam 1 bulan. Dengan cara ini anak sudah terbiasa mendengarkan Al Quran dan bisa mengerti dan bahkan mengingat apa yang dia dengarkan.
  2. Dalam memperdengarkan audio Al Quran, pilih audio dari para qori yang benar-benar fasih dan tepat bacaannya. Agar anak juga bisa menirukan suara audio tersebut dengan baik dan benar.
  3. Jika anak sudah menghatamkan dalam mendengarkan auido Al Quran, cobalah untuk mengajarkan kepadanya untuk menghafal setiap bacaan Al Quran dari audio yang telah didengarkan selama ini. Dalam menghafal ini, hafalkan bacaan Al Quran setengah halaman dulu atau kalau bisa 1 halaman penuh. Diulang 5x dalam sehari.
  4. Buatlah cara yang menarik dalam menghafal Al Quran agar anak tetap mau belajar. Untuk mencari hal-hal yang menarik, bisa disesuaikan dengan keinginan anak atau berilah hadiah setiap anak mau menghafal atau berhasil menghafal.
  5. Doakan anak agar dimudahkan dalam menghafal dan dimudahkan dalam membimbing anak.
Dengan cara diatas, jika dilakukan sejak anak baru lahir maka dalam usia 2 tahun lebih anak akan sudah menghatamkan dalam mendengarkan Al Quran. Selanjutnya pada usia 2 tahun berikutnya, anak bisa menghafal Al Quran. Jadi pada usia 4 - 5 tahun, anak sudah benar-benar bisa menghafal Al Quran.

Dan yang terpenting dalam membimbing anak untuk menghafal Al Quran juga tergantung dari niat dan ke-istiqomah-an kedua orang tua. Harus kompak, harus sabar dan harus melakukan hal-hal sunnah serta menjalani kewajiban sebagai seorang muslim. Keberhasilan anak juga tergantung dari niat dan usaha orang tua.

Itulah sedikit ulasan tentang tips agar anak hafal Al Quran sejak usia dini yang bisa kami sampaikan. Semoga tips ini bisa membantu Anda yang menginginkan putra-putri anda menjadi seorang penghafal Al-Qur'an yang akan memberikan mahkota kepada kedua orang tuanya di akherat kelak.

0 Response to Inilah Tips Agar Anak Hafal Al Quran Sejak Usia Dini

Posting Komentar

Kebijakan Komentar omahguru.com :
1. Silakan berkomentar sesuai topik pembahasan
2. Tidak menyertakan link hidup dalam komentar
3. Tidak berkomentar berbau sara dan p*rn*grafi