Mengapa Anak Sering Mengantuk Di Kelas? Ini Penyebabnya

Mengapa Anak Sering Mengantuk Di Kelas? Ini Penyebabnya
Mengantuk merupakan hal biasa yang pasti dialami setiap orang dan makhluk hidup lainnya. Waktu yang paling tidak diinginkan oleh manusia saat mengantuk adalah ketika berada di kelas. Semua yang ada di dalam kelas seakan tiada arti lagi bagi seseorang yang mengalami kantuk. Bahkan meja terasa seperti bantal empuk yang selalu dirindukan.

Siswa terlihat mengantuk saat pelajaran? Wah itu hal yang sering dijumpai ya. Kadang mereka mengantuk pagi hari saat pelajaran baru dimulai. Kadang juga, mengantuk di saat menjelang pelaharan terakhir. Nah, bagaimana membuat siswa agar berkurang rasa kantuknya? Dan apa penyebabnya? Yuk simak  catatan berikut ini.
  • Anak mengantuk karena kurang istirahat
Betul, ada siswa yang kurang istirahat? Iya dong. Banyak penyebabnya mereka tidak tidak selama 8 jam sehari.
  • Anak mengantuk karena sarapan tidak tepat
Sarapan yang asal praktis dan asal kenyang bisa jadi biang keladi anak mengantuk di kelas. Memang, mi instan itu sangat praktis. Demikian pula nugget dan sosis serta makanan frozen lainnya. Tapi,tanpa menu seimbang, semua itu akan membuat anak seperti dininabobokan di dalam kelas,
  • Anak mengantuk karena terlalu banyak makan
Selain menu, takaran makan juga berpengaruh apakah siswa akan mengantuk di kelas atau tidak. Bulankah orangtua banyak yang memaksa anak minum segelas susu setelah menyantap sepiringnasi dengan lauknya? Nah, kartohidrat berlebih ditambah makanan dan minuman manis memang mengenyangkan tapi bersiaplah untuk tertidur sejam setelah sarapan.
  • Anak mengantuk karena kurang gerak
Duduk berlama-lama di kelas, ogah main keluar kelas saat istirahat adalah penyebab siswa merasa lesu dan bawaannya mengantuk.

Mengatasi anak ngantuk saat di kelas tentunya ada triknya. Anda yang berprofesi sebagai guru tentu punya 1001 kiat. Hal yang perlu diperhatikan adalah, anak-anak kesulitan berkonsentrasai lebih dari 10 menit. Karena itu, setiap 10 menit sekali lakukan sesuatu yang menggugah perhatian mereka. Misalnya, melemparkan pertanyaan, memberi kesempatan anak untuk bertanya, atau, meminta satu anak maju ke depan kelas untuk melakukan aktivitas tertentu.

0 Response to Mengapa Anak Sering Mengantuk Di Kelas? Ini Penyebabnya

Posting Komentar

Kebijakan Komentar omahguru.com :
1. Silakan berkomentar sesuai topik pembahasan
2. Tidak menyertakan link hidup dalam komentar
3. Tidak berkomentar berbau sara dan p*rn*grafi