Begini Cara Agar Siswa Tidak Merasa Bosan Dalam Kelas

Begini Cara Agar Siswa Tidak Merasa Bosan Dalam Kelas
Pernahkan para rekan guru menjumpai anak-anak didik yang sedang diajar dalam kelas terlihat  lesu atau bahkan tidak konsentrasi dalam belajar. Sehingga dampak yang paling buruk adalah anak-anak malah ngobrol sama temannya atau maen seenaknya sendiri atau mungkin bahkan samapai ada yang tertidur dalam kelas. Nah hal ini mungkin karena metode mengajar Anda kurang menarik bagi mereka. Lalu apa langkah kita selanjutnya apabila kita menjumpai anak didik kita terlihat bosan dan malas belajar?

Pada tulisan berikut ini ada beberapa tips yang dapat Anda lakukan dalam usaha untuk menciptakan suasana belajar mengajar yang menyenangkan dan tidak membosankan.

1. Mengajar banyak bergerak, jangan hanya duduk
Ketika guru mengajar dengan metode ceramah dan hanya berada pada posisi yang tetap, dalam waktu yang lama hal ini akan menimbulkan suasana yang membosankan. Apalagi jika guru tidak berusaha untuk memancing partisipasi aktif dari para siswa. Guru sebaiknya tidak hanya duduk di belakang meja guru. Misalnya saat pelajaran matematika, guru bisa hadir ke meja siswa, menanyakan bagian mana saja yang masih ada kesulitan, sehingga guru dapat memantau keadaan para siswa, baik yang duduk di depan maupun di belakang.

2. Komunikasi dua arah
Metode lama dalam mengajar, guru berperan sebagai penceramah. Tapi saat ini tidak hanya guru menerangkan materi kepada siswa, siswa dapat dilibatkan dalam suatu diskusi dimana tiap siswa dapat mengemukakan pendapat dan argumennya. Misalnya saat pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan, guru dapat memberikan suatu contoh kasus yang saat itu sedang hangat, kemudian siswa dipacu untuk berpendapat atau berkomentar tentang solusi yang dapat dilakukan. Maka dengan demikian akan timbul komunikasi dua arah yang hangat antara guru dan murid dalam kelas.

3. Cobalah belajar sambil bermain 
Strategi lain adalah menerapkan metode belajar sambil bermain. Bermain merupakan hal yang selalu menyenangkan bagi para siswa. Guru dapat mencoba membawa para siswa bermain di kelas dengan permainan yang tetap mengandung nilai-nilai pelajaran. Teknik ini khusunya untuk murid tingkat TK sampai SMP,namun kadang siswa SMApun dapat diterpakan metode ini.

4. Tidak menggunakan media yang monoton, gunakan media pembelajaran yang variatif
Setiap siswa memiliki kemampuan menyerap materi yang berbeda-beda. Pada banyak kasus, kemampuan tersebut bergantung pada acara guru menyampaikan materi. Ada siswa yang dapat memahami materi hanya dengan mendengarkan penjelasan dari guru, ada juga siswa yang harus melakukan praktik langsung untuk dapat memahami, siswa lain dapat memahami materi melalui video. Ada juga siswa yang cepat bosan jika guru hanya menggunakan satu media saja.

5. Rubahlah suasana kelas sesering mungkin
Ruangan kelas yang panas, minim pencahayaan, atau kurang lancarnya sirkulasi udara tentu akan berdampak pada kondisi siswa. Nah, untuk strategi terakhir ini, guru dapat mencoba untuk melakukan pembelajaran di luar kelas. Misalnya di taman sekolah yang teduh dan sejuk saat pelajaran Biologi atau di laboratorium dengan AC untuk menggunakan proyektor saat penyampaian materi.

Itulah beberapa tips agar belajar dikelas tidak cepat bosan. Dan dalam hal ini guru memang mempunyai peran penting dalam hal ini. Menjadi lebih kreatif adalah tuntutan bagi guru demi tercapainya tujuan pembelajaran di sekolah. 

0 Response to Begini Cara Agar Siswa Tidak Merasa Bosan Dalam Kelas

Posting Komentar

Kebijakan Komentar omahguru.com :
1. Silakan berkomentar sesuai topik pembahasan
2. Tidak menyertakan link hidup dalam komentar
3. Tidak berkomentar berbau sara dan p*rn*grafi