Cara Menjadi Guru Yang Hebat di Era Digital Meilenium

Teknologi dalam jaringan (daring) membuka kesempatan bagi guru untuk saling berbagi pengetahuan dan keterampilan dalam mengajar. Untuk bisa saling belajar, salah satu kuncinya adalah terus berusaha meningkatkan kemampuan dan kompetensi diri sebagai seorang guru.
Cara Menjadi Guru Yang Hebat di Era Digital Meilenium
Berikut tiga hal yang bisa dilakukan untuk meningkatkan kemampuan dan kompetensi sebagai guru:

1. Mengikuti pelatihan peningkatan kompetensi diri

Mengikuti pelatihan guru adalah salah satu cara terbaik untuk meningkatkan kualitas diri. Pelatihan guru jumlahnya cukup banyak, baik yang diadakan oleh pemerintah maupun lembaga filantropi keluarga seperti Tanoto Foundation.

Anda bisa mencari informasi pelatihan guru dari lembaga pemerintahan, rekan seprofesi, maupun dari internet. Bila ada kesempatan, segeralah mendaftar, karena kuota peserta pasti terbatas.

2. Saling berbagi pengetahuan dengan sesama guru

Masing-masing guru pasti memiliki pengetahuan dan pengalaman berbeda-beda. Seringlah membagi pengalaman dan pengetahuan Anda kepada teman seprofesi. Seperti kata pepatah, ilmu yang dibagi tidak akan berkurang, justru akan semakin bertambah.

Ada banyak cara yang bisa digunakan untuk berbagi ilmu. Di zaman modern seperti ini, Anda bisa berbagi pengetahuan baik dengan bertemu secara fisik maupun lewat daring. Anda bisa berbagi ilmu melalui media social atau bisa juga membuat grup teman seprofesi di aplikasi pesan instan untuk berbagi pengetahuan. Semua bisa dilakukan dengan mudah dan murah.

3. Menguji kompetensi diri

Bila Anda sudah mengikuti pelatihan, Anda harus mengetahui seberapa jauh peningkatan kemampuan diri Anda. Salah satu cara untuk mengetahui kemampuan diri adalah dengan mengikuti lomba guru seperti lomba mengajar, lomba menulis, dan lomba yang berhubungan dengan kompetensi diri. Dari lomba tersebut, Anda bisa mengukur seberapa jauh kemajuan yang sudah dibuat.

0 Response to Cara Menjadi Guru Yang Hebat di Era Digital Meilenium

Posting Komentar

Kebijakan Komentar omahguru.com :
1. Silakan berkomentar sesuai topik pembahasan
2. Tidak menyertakan link hidup dalam komentar
3. Tidak berkomentar berbau sara dan p*rn*grafi